MEMBUAT APLIKASI GAME ANDROID SIMPEL TANPA CODING

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah android, ada jutaan aplikasi yang sudah beredar di internet yang kapan saja dapat diunduh, mungkin anda adalah salah satu pengguna yang gemar  mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, dibalik jutaan aplikasi android yang sudah beredar sekarang tentunya dibalik layar ada seorang programer dan developer yang selalu menciptakan inovasi dan ide-ide baru yang dituangkan kedalam sebuah aplikasi untuk memanjakan pengguna android.

Terkadang tidak semua aplikasi yang beredar di internet dan anda instal disukai semua orang, ada yang suka ada pula yang sedikit mengkritik kualitas dari aplikasi tersebut, jika anda tidak suka mungkin anda akan dengan mudahnya menyebut " ah aplikasinya jelek, membosankan dan iklannya sangat mengganggu", eits..pernahkah anda berfikir apakah anda mampu membuat sebuah aplikasi android dengan sebuah bahasa pemrograman yang mungkin anda baru melihat coding sederhana saja sudah malas apalagi coding yang sangat rumit, tahukah anda bahwa butuh berjam-jam bahkan berhari-hari bagi para pembuat aplikasi untuk membuat sebuah aplikasi.

Apakah anda tertarik membuat sebuah aplikasi atau membuat sebuah game android? mungkin anda berfikir "ah aku mah apa atuh, jangankan membuat aplikasi yang harus jago pemrograman main game aja saya sering kalah", hilangkan semua pemikiran itu karena seiring semakin banyaknya pengguna android di dunia ternyata diimbangi juga dengan semakin banyak pula para pengembang yang memudahkan para pembuat aplikasi yang tidak tau apa-apa mengenai pemrograman, anda tidak butuh jago coding karena anda hanya cukup mengedit beberapa saja yang instruksinya sudah dijelaskan oleh pengembang yang digunakan.

Ada banyak developer online yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi berbasis android, ada yang free alias gratis ada pula yang berbayar, tentu saja antara yang gratis dan berbayar ada perbedaan, sekarang terserah anda ingin menggunakan yang mana.

Kali ini saya hanya akan membahas salah satu developer online yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi secara gratis yaitu Appsgeyser, mungkin lain kali saya akan membahas developer yang lain.

Oke kembali pada topik yang akan saya bahas yaitu Appgeyser, Appsgeyser adalah sebuah developer online yang menyediakan ruang bagi anda yang ingin membuat sebuah aplikasi android namun tidak ngerti coding, di appsgeyser anda hanya cukup memilih apikasi apa yang ingin anda buat tentunya hanya menggunakan template yang sudah disediakan di web tersebut selanjutnya edit beberapa yang ingin anda edit misalnya seperti icon aplikasi, gambar-gambar dan nama aplikasi, dengan demikian anda dapat membuat aplikasi sesuai keinginan anda, setelah anda membuat aplikasi anda juga dapat mendownload untuk di instal ke perangkat anda, selain itu anda juga dapat mempublish aplikasi anda ke google playstore dimana terdapat jutaan aplikasi yang sudah beredar disana, bahkan anda juga dapat menjadikan aplikasi anda sebagai penghasil dollar, untuk lebih jelasnya nanti akan saya update lagi mengenai penjelasan tersebut.

Anda sudah siap? oke kita mulai bagaimana membuat aplikasi di appsgeyser.

Step 1

buka situs appsgeyser untuk masuk kehalaman web.

Step 2

Login ke halaman web, jika belum memiliki akun silahkan daftar terlebih dahulu jangan khawatir semuanya gratis kok.

Step 3

jika sudah login silahkan klik Create Now atau Create App maka anda akan dibawa ke halaman editor seperti gambar dibawah.


Pilih jenis aplikasi yang ingin anda buat, disitu terdapat web, bussines,media, games dan all..dalam tutorial ini saya akan mencontohkan menggunakan aplikasi games, dan saya pilih game jenis flappy bird seperti gambar dibawah.


Step 4

Setelah memilih jenis aplikasi yang akan anda buat selanjutnya anda akan masuk kehalaman editor aplikasi dimana anda dapat mengedit aplikasi anda dan juga menambahkan deskripsi disana, berikut adalah gambara halaman editor.


Edit semua yang ingin anda edit dan ganti dengan yang sudah anda siapkan,pada gambar diatas ada beberapa image default yang sudah disediakan oleh pengembang, klik dan ubah jika anda ingin menggunakan image lain.


Step 5

Masukkan nama aplikasi anda dikolom yang sudah disediakan seperti tampak pada gambar dibawah
selanjutnya klik NEXT

Step 6

Tulis deskripsi mengenai aplikasi anda, anda dapat menjabarkan semua kelebihan dan fitur yang terdapat di aplikasi anda, buatlah tulisan semenarik mungkin dan tulis secara lengkap agar pengguna tidak bingung saat menggunakan aplikasi anda, selanjtnya klik NEXT


Step 7

Pada halaman ini anda dapat mengganti icon aplikasi dengan icon anda sendiri, icon ini yang nantinya tampil sebagai icon utama di HP anda.seperti biasa jangan lupa klik NEXT dan klik CREATE APP seperti gambar dibawah.







Step 8

Setelah anda mengklik Create App maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, itu adalah proses untuk menyelesaikan aplikasi anda, tunggu hingga 100%.


Step 9

Sampai padatahap ini aplikasi anda sudah jadi dan siap untuk di download.


Keterangan :
  1. Untuk mendownload file .apk yang nantinya dapat di instal di perangkat anda.
  2. "PUBLISH" pada halaman ini memungkinkan anda untuk mempublis atau menerbitkan aplikasi anda ke publik salah satunya disini adalah palystore, namun sebelum anda dapat melakukan itu anda harus membuat akun developer terlebih dahulu di playstore dan sebelum anda dapat mengupload aplikasi anda ke playsore anda akan dikenakan biaya sebesar $25 kalau dirupiahkan kurang lebih Rp.350.000 (kurs 14.000) dan anda harus memiliki kartu kredit untuk itu semua, namun semua biaya itu hanya cukup dibayarkan satu kali saja, jadi anggap saja itu investasi anda,haha
  3. Kalau pada penjelasan diatas untuk mempiblikasikan ke playstore, pada halaman ini kurang lebih sama namun jika dihalaman ini anda akan mempublish ke Amazon appstore
  4. "Monetize" Anda tidak hanya dapat membuat sebuah aplikasi namun anda juga dapat menjadikan aplikasi anda sumber pendapatan salah satunya memasang admob ke aplikasi anda, 


Step 10

Tahap terakhir pada pembuatan project anda, silahkan download, instal dan jalankan aplikasi anda, jika belum memuaskan anda bisa membuatnya lagi, mumpung gratis, hehe

dibawah ini salah satu contoh game yang dibuat di appsgeyser.



Screenshoot diatas adalah salah satu aplikasi game yang dibuat di appsgeyser, salah satu sisi negatifnya dari membuat aplikasi dengan developer seperti ini adalah anda tidak akan menjadi pintar karena anda tidak akan berhubungan dengan coding, namun sisi positifnya adalah memudahkan anda untuk membuat aplikasi instan tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk membuat sebuah aplikasi yang belum tentu berjalan tanpa adanya error.

sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, jika anda ingin menjadi pembuat aplikasi handal belajarlah pemrograman karena dengan jago coding anda dapat membuat aplikasi sesuai keinginan anda tanpa menggunakan template jadi bikinan orang lain.









Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Lexto
admin
December 2, 2015 at 4:47 PM ×

sekarang sudah cukup mudah membuat aplikasi android.

Reply
avatar
sepatuminons
admin
February 16, 2016 at 11:38 AM ×

kami juga menyediakan jasa buat website yang murah dan profesional, kunjungi; webelegan

Reply
avatar
Thanks for your comment