Cara memperbaiki android sering restart atau reboot sendiri

Android Sering Reboot Sendiri dan cara mengatasinya


Halo teman-teman pengguna Android ! Di sini kita sedang berhadapan dengan salah satu masalah yang paling umum yaitu android restart dengan sendirinya tanpa kita menekan tombol OFF, kenali masalah tersebut dan temukan solusinya dalam artikel saya dibawah.



Meskipun Android terkenal dengan kehandalan dan sistem operasinya yang praktis, namun dariwaktu ke waktu masih saja muncul beberapa masalah.

Setiap perangkat android kadang-kadang sering restart sendiri dan sebenarnya tidak ada masalah dengan perangkat. Namun jika perangkat anda terlalu sering restart sendiri (beberapa kali sehari atau lebih)atau dalam situasi tertentu, itu berarti bahwa ada sesuatu yang tidak beres dan bersiaplah dengan masalah yang akan ditimbulkan.

Untuk menemukan apa yang menyebabkan ponsel anda restart sendiri adalah sebuah tantangan dan perlu analisa mendalam untuk menemukan titik masalah yang nantinya akan kita perbaiki, mari kita mulai !

Gejala yang Paling Sering terjadi


Setelah menganalisis beberapa kasus, jelas bahwa masalah restart pada perangkat android pada umumnya terbagi menjadi 3 kategori yaitu:
  1. Restart android anda hanya pada situasi tertentu, misalnya ketika anda ingin mengakses fitur tertentu, mengubah sesuatu dalam pengaturan, menggunakan aplikasi atau game tertentu.
  2. Perangkat anda restart sendiri ketika banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan.
  3. Perangkat anda restart sendiri tanpa alasan yang jelas bahkan jika anda tidak menggunakan sekalipun.

Dua Jenis Reboot yang perlu kita ketahui



Banyak orang menjadi khawatir ketika ponsel android mereka melakukan reboot sendiri, namun anda tidak harus selalu khawatir.

Sebenarnya ada 2 jenis reboot dan hanya yang pertama yang mungkin menunjukan bahwa ada sesuatu yang salah dengan telepon anda, ini biasanya salah satu dari dua kemungkinan :



  • Restart telepon sepenuhnya (semua aplikasi dimuat ulang lagi dari awal), yang memakan waktu hingga beberapa menit. Dengan jenis restart ini anda biasanya mendengar ringtone pembuka dan melihat logo produsen anda seolah-olah anda baru saja menghidupkan telepon anda.
  • Ada juga jenis reboot yang lembut, jika OS android hanya restart biasanya diperlukan waktu beberapa detik dan ada tampilan putih untuk beberapa saat dan kemudian normal kembali. Ini bukan reboot penuh namun biasanya disebabkan oleh beberapa aplikasi nakal yang dapat menyebabkan perangkat terganggu.
Untuk tipe reboot yang kedua biasanya sangat umum dan sering terjadi bahkan semua android termasuk perangkat terbaik sekalipun dapat terjadi hal demikian.

Sedangkan jika terjadi tipe reboot yang pertama anda dapat sedikit khawatir karena bisa jadi itu menunjukan gejala kerusakan yang lebih sserius, indikasinya bisa hardware atau software.

Menganalisa dan Mendiagnosa Ponsel Anda


Ini adalah ide terbaik sebagai awal untuk mencoba mendiagnosa masalah telepon Anda. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda menemukan penyebab masalah android anda restart sendiri:


Apakah reboot perangkat Anda hanya kadang-kadang (sekali dalam beberapa minggu) atau setiap hari?

Jika itu terjadi sekali dalam beberapa minggu, tidak ada alasan untuk khawatir. Jika hal itu terjadi beberapa kali selama sehari atau dalam situasi tertentu, ada beberapa masalah yang lebih serius.


Apakah perangkat anda restart penuh (lengkap) ?

Reboot penuh dapat menunjukkan beberapa masalah hardware, yaitu CPU overheating. Hal ini juga dapat menunjukkan masalah dengan versi Android (yang mungkin sudah ketinggalan zaman).

Itu sebabnya, pertama Anda harus memeriksa apakah ada update yang tersedia untuk telepon Anda dan jika ada, segera instal. Untuk memeriksa update untuk ponsel Anda silahkan ke Settings> About> Update Software.


Apakah perangkat Anda panas selama atau setelah reboot?

Ini adalah hal yang sangat penting. Jika perangkat Android Anda panas, masalahnya mungkin dengan CPU yang terlalu panas. Dalam hal ini, cara terbaik adalah bawa perangkat anda ke layanan produsen pembuat perangkat anda.


Berapa lama waktu yang diperlukan perangkat Anda untuk kembali ke operasi normal?



Jika hanya beberapa detik, anda tidak perlu khawatir karena itu normal, namun jika itu reboot penuh, misalnya memakan waktu 5 menit, ada sesuatu yang salah pada perangkat anda.


Apakah Anda menginstal aplikasi baru-baru ini?

Kadang-kadang aplikasi baru, aplikasi tidak stabil atau berbahaya dapat menyebabkan perangkat kita tidak stabil. Anda harus memastikan jika itu bukan kesalahan beberapa aplikasi yang anda instal, cobalah ingat aplikasi apa yang terakhir kali anda instal dan setelah itu perangkat anda bermasalah, segera uninstal dan hapus.


Apakah perangkat Anda up-to-date?

Jika ada update untuk ponsel Anda, Anda pasti harus menginstalnya. Banyak masalah yang berbeda bahkan beberapa file sistem akan hilang setelah update, pastikan anda tau resiko sebelum melakukan update sistem.


Berapa banyak aplikasi yang berjalan sekarang?

Memeriksa berapa banyak aplikasi yang berjalan dan berapa banyak proses yang berjalan di latar belakang.

Jika ada terlalu banyak beban, perangkat mungkin melakukan restart untuk membersihkan RAM yang kelebihan beban.


Solusi Paling Umum

Kami telah berbicara tentang gejala dan mencoba untuk mendiagnosa perangkat kita. Sekarang saatnya untuk menawarkan beberapa solusi. Sebagian besar dari solusi ini dapat memecahkan masalah restart Android anda.
  • Uninstall aplikasi berbahaya atau aplikasi. Jika Anda menduga bahwa perangkat Anda reboot karena beberapa aplikasi berbahaya, Anda harus menghapus aplikasitersebut (dan setiap aplikasi yang mencurigakan lainnya, juga). 
  • Gunakan beberapa manajer aplikasi atau task killer untuk membersihkan beban RAM. Jika Anda memiliki ponsel Android yang lebih tua, ini mungkin solusi untuk Anda. Perangkat Android kadang-kadang restart ketika RAM penuh. Jika Anda memiliki perangkat yang lebih tua, itu cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi dan ponsel akan reboot. Untuk mengontrolnya, menggunakan Android Assistant (dijelaskan di atas) atau beberapa aplikasi killer Android. 
  • Memperbarui versi Android Anda. Jika Anda memiliki versi lama, langkah pertama Anda harus memperbaruinya. Memperbarui sistem biasanya dapat memecahkan semua masalah. 
  • Kembali ke pengaturan awal. Kadang-kadang kita tidak dapat mendeteksi aplikasi atau yang pengaturan yang menyebabkan perangkat kita bermasalah. Jika solusi diatas tidak bekerja, Anda harus mengembalikan pengaturan pabrik. Untuk mengembalikan pengaturan pabrik pergi ke Settings> Backup & ulang> Reset telepon (pastikan anda membackup semua data-data penting anda) 
  • Restart ponsel Anda secara manual. apa iya? mungkin itu yang terlintas dalam benak anda, panduan Restart / reboot benar-benar membantu dalam menangani satu kasus. Telepon dipenuhi dengan aplikasi dan proses (belum dimatikan selama berminggu-minggu). Ketika saya secara manual restart ulang, tiba-tiba masalah menghilang.
Jika semua solusi diatas tidak bekerja, Anda harus memberikan ponsel Anda ke pusat layanan telepon lokal Anda. Hal ini kemungkinan besar ada masalah pada hardware anda, jika anda mampu memperbaiki sendiri itu lebih baik namun jika anda tidak punya keahllian dalam hal itu lebih baik jangan mengambil resiko.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
September 10, 2018 at 11:03 AM ×

mantap ini min, makasih banyaks udah share disini
https://www.tokopedia.com/codyonline/solder-uapblowersstation-cody-858-digital2in1

Congrats bro LOVELYZ TRILOGY you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment