Cara menghentikan aplikasi android mengakses lokasi anda


Jika anda adalah seseorang yang tidak akan merasa terganggu jika lokasi anda dibaca oleh orang lain ataupun sebuah aplikasi maka abaikan artikel ini, namun jika anda adalah seseorang yang peduli terhadap privasi anda maka silahkan lanjutkan membaca tulisan ini.

Jika anda perhatikan Setiap kali Anda menginstal sebuah aplikasi Anda akan melihat sedikit pilihat yang meminta ijin untuk mengakses sesuatu milik anda - tapi apakah yang mengganggu dari hal-hal seperti itu?Aplikasi yang Anda install dapat meminta untuk mengakses daftar kontak, mengirim pesan atas nama Anda, dan banyak lagi. Tetapi jika Anda khawatir tentang privasi Anda, Anda akan ingin mengawasi yang aplikasi dapat menentukan di mana Anda berada.

Ada 2 Opsi

salah satu cara supaya posisi ponsel tidak terlacak. Antara satu pengguna android dengan pengguna lain tentu memiliki pilihan sendiri untuk mengatur privacy di gadgetnya, salah satu contohnya adalah tidak ingin ponsel atau letak posisi-nya terlacak oleh pihak lain. Nah keperluan privacy posisi memang diperlukan pengaturan khusus agar posisi ponsel tidak bisa terlacak via maps ataupun via aplikasi lainnya. Bagaimana caranya? didalam perangkat android sudah tersedia pengaturan yang memberikan pengguna opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akses lokasi, berikut ini adalah salah satu tipsnya.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mensetting agar posisi ponsel tidak terlacak oleh server android, caranya sebagai berikut :

  1. Buka pengaturan / setelan sistem di ponsel android anda.
  2. Pilih menu "Lokasi" (saya menggunakan ponsel Sony, pada perangkat android lain mungkin letaknya berbeda) dan masuk ke menu tersebut.
     3. Setelah masuk ke menu akses lokasi anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.



4. Geser atau hilangkan centang ' akses ke lokasi saya '

Dengan cara diatas saya rasa sudah cukup untuk menonaktifkan lokasi kita namun terkadang cara tersebut tidak cukup ampuh untuk membendung beberapa aplikasi mengakses lokasi kita, untuk itu dibutuhkan aplikasi pihak ke-3 untuk mengatasinya.
berikut adalah opsi ke 2 yang dapat digunakan jika opsi pertama tidak banyak membantu.

PENGGUNAAN APP


Masuk akal untuk beberapa aplikasi untuk melacak lokasi Anda, tetapi Anda mungkin ingin menonaktifkan fitur ini dalam beberapa kasus.

Sebagai contoh Moto X atau Samsung Galaxy S4 bisa dengan mudah berbagi lokasi, dan itu mungkin salah satu alasan bahwa Anda lebih suka menyimpan informasi ini untuk diri sendiri. Ada, tentu saja, beberapa aplikasi yang masuk akal untuk memberikan akses ke informasi lokasi - alat navigasi, misalnya, tetapi ada banyak orang lain yang ingin mengontrol hal itu.

Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk mengontrol semua ini: bisa dengan menggunakan pengaturan yang ada di Android anda, atau dengan menggunakan aplikasi control izin khusus.

Metode yang dibangun di Android sedikit sederhana, tapi ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

Metode Android


Cara yang ini juga hampir sama dengan cara opsi pertama diatas, saya tambahkan agar anda mempunyai banyak opsi karena tiap perangkat android menu setting juga ada yang berbeda.

Masuk ke Settings dan kemudian pindah ke bagian lebih. Pada bagian Permissions, tekan tombol on / off toggle switch di sebelah Lokasi label - dalam posisi off, handset Anda akan berhenti mengumpulkan data lokasi. Anda juga dapat mengubah metode pelaporan lokasi yang digunakan. Tekan Lokasi label dan kemudian tekan Mode. Anda kemudian dapat memilih antara tiga mode yang berbeda sesuai dengan preferensi Anda.



Jika Anda gulir ke bawah melalui bagian Lokasi, Anda dapat melihat daftar semua aplikasi yang telah meminta informasi tentang lokasi Anda.Tidak ada cara untuk menghentikan aplikasi ini dari akses data ini, tetapi masih ada hal yang dapat anda ketahui: Anda mungkin ingin menyelidiki pengaturan untuk aplikasi individu untuk melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan pelacakan lokasi.



Anda dapat dengan mudah melihat mana aplikasi diinstal Anda melacak lokasi Anda.

Metode AppOps

Meskipun dimungkinkan untuk menonaktifkan pelacakan lokasi di Android, tapi hal itu adalah sesuatu yang "semua atau tidak" artinya ada yang bisa dan ada yang tidak bisa dinonaktifkan. 

AppOps adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengontrol izin lokasi dari aplikasi individu. Ada beberapa aplikasi dengan nama yang mirip di Google Play, jadi pastikan untuk menginstal yang tepat. Jalankan aplikasi dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang memanfaatkan informasi lokasi.


AppOps memungkinkan Anda mengubah izin lokasi-pelacakan individu aplikasi.

Ketuk entri untuk setiap aplikasi dalam daftar dan Anda akan melihat daftar semua izin yang digunakannya.


Anda kemudian dapat mengubah Lokasi pengaturan untuk mencegah aplikasi yang menggunakan informasi lokasi. Ulangi proses tersebut karena banyak aplikasi yang ingin anda batasi akses lokasinya.

Apakah Anda sudah berhasil membatasi akses lokasi dari aplikasi-aplikasi yang berjalan diperangkat anda?
Jika sudah maka berarti anda sukses mengikuti langkah-langkah yang dijabarkan diatas.

Perlu anda ketahui bahwa privasi seseorang adalah hak dan sebuah hal yang sangat berbahaya jika disebarluaskan ke publik.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
April 8, 2018 at 7:56 PM ×

Bagemana carah menhentikan lokasi saya mau saya yg menetukan

Reply
avatar
August 6, 2018 at 11:48 AM ×

sip ini min, makasih sudah kasih solusi
solder uap

Reply
avatar
Thanks for your comment