Lima hal penting yang harus Anda ketahui sebelum mencoba untuk memperbaiki smartphone atau tablet

Lima hal yang harus Anda ketahui sebelum mencoba untuk memperbaiki smartphone atau tablet



Apakah anda mempunyai smartphone atau tablet? Jika gadged anda tiba-tiba rusak, layarnya pecah atau ada perangkat yang mati apakah anda akan mengganti/memperbaiki sendiri atau tidak ingin ambil pusing dengan membeli yang baru?
Banyak orang yang memilih melakukan perbaikan sendiri karena dirasa lebih irit biaya, oleh karena itu sebelum melakukan (memperbaiki) sebaiknya perhatikan beberapa hal yang nantinya dapat memuluskan usaha anda, apa saja hal itu? Silahkan simak tips berikut
Saya harap tips ini membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin memperbaiki smartphone Anda yang rusak atau tablet sendiri.

1. Perbaikan merupakan risiko Anda sendiri

Sebelum melakukan perbaikan, Anda harus memahami bahwa Anda melakukannya dengan resiko Anda sendiri. Anda dapat gagal dan menyesal dan anda dapat merusak perangkat yang anda diperbaiki.
Jika kerusakan masih tercakup dalam garansi, jangan ambil resiko ini, datanglah ke tempat pembelian dan lakukan klaim, namun jika perangkat anda sudah lewat masa garansi dan saat itu terjadi kerusakan maka hanya ada 2 pilihan, pertama menunggu anda punya xukup uang untuk membeli yang baru atau menyerahkan ke tukang servis, pilihan kedua adalah segera bertindak dengan melakukan perbaikan sendiri namun dengan segala resiko yang harus di tanggung jika trial error.

2. Mendapatkan suku cadang yang bisa jadi sulit, bahkan kadang-sudah tidak diproduksi lagi.

Setelah Anda memutuskan untuk memperbaiki perangkat Anda, langkah berikutnya adalah mendapatkan suku cadang. Sayangnya, ini bisa menjadi masalah karena tidak semua toko menjual bahkan di toko suku cadang gadged sekalipun kadang kita kesulitan menemukan suku cadang yang asli, tentunya hal ini harus diperhatikan sebelum melakukan servis sendiri.
Untungnya, internet sekarang sudah menjadi teman Anda.Ada beberapa situs yang menjual semua jenis suku cadang dan penggantian suku cadang OEM untuk smartphone dan tablet. Jika salah satu dari mereka tidak memiliki bagian yang Anda butuhkan, cari toko online yang lain atau jika anda sudah mengenal Ebay anda dapat mencoba membeli disitu. Bahkan jika Anda tidak dapat menemukan komponen individu, Anda mungkin dapat mengambil opsi untuk membeli perangkat gadged utuh yang rusak dan mengambil bagian yang anda butuhkan (kanibalisme elektronik).

3. Dapatkan alat atau komponen yang tepat dan kompatibel

Setelah anda membeli dan dengan spare part yang sudah di tangan atau setidaknya dalam perjalanan, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki alat yang Anda butuhkan untuk melakukan perbaikan.
Beberapa perangkat, seperti iPhone baru dan MacBook Air membutuhkan obeng khusus untuk membuka. Banyak perangkat menggunakan standar Torx dan Phillips sekrup, tetapi mereka benar-benar kecil. Saya sarankan mendapatkan obeng set dengan berbagai hex kecil, Torx, Phillips, sayap tri, dll. Karena kadang-kadang Anda tidak tahu apa yang akan Anda temukan di dalam ponsel itu.
Anda juga kemungkinan akan mengambil beberapa alat untuk membantu Anda membongkar dan bahkan sering mengalami kesulitan. Anda dapat  menggunakan logam tipis dan alat kusus untuk membuka plastik, tapi pinset, spudgers, dan bahkan pengering rambut atau solder pun dapat menjadi solusi untuk memperlancar usaha anda.

4. Persiapkan ruang kerja anda

Oke, anda memiliki semua spare part dan alat-alat, dan anda akan mulai bekerja dengan melepas semua bagian-bagian kecil komponen dan tentunya diletakkan diarea anda bekerja, coba bayangkan jika ada anak kecil didekat anda dengan rasa ingin taunya tentunya akan sangat mengganggu dan membuat anda tidak fokus, untuk itu luangkan beberapa menit untuk mempersiapkan tempat dan wadah untuk menaruh part-part kecil yang mudah hilang tentunya dengan persiapan itu kerja anda akan lebih maksimal.
Jangan lupa singkirkan semua cairan yang mungkin tumpah atau benda yang mungkin jatuh ke perangkat. Pastikan Anda memiliki area yang cukup besar untuk bekerja dan ruang untuk meletakkan semua bagian agar rapi, menyiapkan tempat yang aman untuk menempatkan semua sekrup kecil dan komponen kecil.
Terakhir, pertimbangkan sengatan listrik atau keselamatan ESD dengan memakai tali landasan pergelangan tangan atau menggunakan tikar antistatik.

5. Luangkan waktu Anda, jangan memaksakan apapun, dan mendokumentasikan proses

Bagian akhir tips saya adalah untuk mengambil waktu Anda, jangan memaksakan apapun, dan mendokumentasikan proses.Jika Anda mengalami kesulitan melepas penutup ponsel Anda, mungkin Anda belum melepas sekrup tersembunyi. Jika Anda tidak dapat memisahkan panel depan tablet Anda, Anda mungkin perlu untuk memanaskan perekat yang melekat di tempat.
Cobalah untuk tidak memaksa apa-apa, karena saat itulah Anda mungkin memecahkan perangkat Anda bahkan lebih dari yang sudah ada, dan karena Anda ingin memastikan Anda dapat menempatkan gadget Anda kembali seperti semula lagi, dokumentasikan proses dengan beberapa foto dan catatan sebagai panduan anda memasangnya kembali.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment