jenis kabel ethernet Cat5, Cat-5e Cat6, Cat -6a dengan fungsi kegunaan dan perbedaan

Jenis-jenis kabel Ethernet, Cat5, Cat-5e, Cat6, Cat-6a beserta fungsi dan perbedaannya

Apakah anda berencana untuk memasang sebuah jaringan ditempat anda? Sudahkah anda tau perangkat apa saja yang dibutuhkan? Apakah perangkat yang anda pilih sudah benar? Sebelum anda menentukan pilihan sebaiknya kenali dulu apa fungsi dan kegunaan, salah satu perangkat yang dibutuhkan untuk memasang sebuah jaringan adalah kabel ethernet yang fungsinya untuk jalur lalu lintas data nantinya.

Tidak semua kabel Ethernet diciptakan sama, apa bedanya dan bagaimana Anda tahu mana yang harus Anda gunakan? Mari kita lihat perbedaan teknis dan fisik kategori kabel Ethernet agar anda dapat memilih yang benar.

Kabel ethernet dikelompokkan menjadi kategori yang berurutan ("CAT") berdasarkan spesifikasi yang berbeda. Kadang-kadang kategori diperbarui lagi dengan klarifikasi atau pengujian standar yang lebih lanjut (misalnya 5e, 6a). Kategori-kategori ini di ciptakan agar kita dapat dengan mudah mengetahui apa jenis kabel yang kita butuhkan untuk sebuah aplikasi tertentu. Produsen diwajibkan untuk mematuhi standar yang ada untuk memudahkan konsumen.

Apa perbedaan antar kategori dan bagaimana Anda bisa tahu kapan harus menggunakan kabel yang tanpa pelindung, terlindungi, terbuka atau kabel padat. Terus membaca artikel ini agar anda mendapat gambaran sebelum memilih.

Perbedaan teknis

Perbedaan spesifikasi kabel ini tidak akan mudah dilihat secara fisik, jadi mari kita lihat apa fungsi masing-masing kategori. Di bawah ini adalah grafik untuk referensi ketika memilih kabel untuk aplikasi Anda berdasarkan standar untuk kategori tersebut.



Karena jumlah kategori semakin banyak, begitu juga kecepatan dan Mhz kawat. Ini bukan suatu kebetulan, karena setiap kategori telah dilakukan pengujian lebih ketat untuk menghilangkan crosstalk (XT) dan menambahkan isolasi antara kabel.

Semua percobaan yang sudah dilakukan kadang tidak selalu sama.Secara fisik Anda dapat menggunakan kabel Cat-5 untuk kecepatan 1 Gb, dan saya pribadi menggunakan kabel yang lebih panjang dari 100 meter, tetapi karena standarnya belum diuji untuk itu, Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang berbeda. Hanya karena Anda memiliki kabel Cat-6, tidak berarti Anda memiliki kecepatan 1 Gb dan jaringan anda bagus. Setiap koneksi dalam jaringan Anda harus mendukung kecepatan 1 Gb.

Kategori kabel 5 direvisi, dan sebagian besar diganti, kategori 5 Ditingkatkan menjadi kabel Cat-5e yang secara kasat mata tidak berubah secara fisik di dalam kabel, melainkan diterapkan standar pengujian yang lebih ketat untuk crosstalk.

Kategori 6 direvisi dengan Kategori Cat-6a yang telah dilakukan pengujian untuk komunikasi 500 Mhz (dibandingkan dengan Cat-6 250 Mhz). Semakin tinggi frekuensi komunikasi maka akan menghilangkan crosstalk asing (AXT).

Perbedaan fisik

Jadi bagaimana cara kabel fisik menghilangkan gangguan dan memungkinkan untuk meningkatkan kecepatan lebih cepat? tanpa melalui kawat memutar dan isolasi. Kabel memutar diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1881 untuk digunakan pada kabel telepon yang membentang di sepanjang sisi saluran listrik. Ia menemukan bahwa dengan memutar kabel setiap 3-4 tiang listrik, hal itu dapat mengurangi gangguan dan meningkatkan jangkauan. Twisted pair menjadi dasar untuk semua kabel Ethernet untuk menghilangkan interferensi antara kabel internal yang (XT), dan kabel eksternal (AXT).


Ada dua perbedaan fisik utama antara Cat-5 dan Cat-6 kabel, jumlah tikungan per cm kawat, dan ketebalan selubung.


Panjang kabel memutar yang tidak standar, tetapi biasanya ada 1,5-2 tikungan per cm di Cat-5 (e) dan 2 + tikungan per cm di Cat-6. Dalam satu kabel, masing-masing pasangan berwarna juga akan memiliki panjang twist yang berbeda berdasarkan bilangan prima sehingga tidak ada dua tikungan yang pernah menyelaraskan. Jumlah tikungan per pasang biasanya berbeda untuk setiap produsen kabel. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, ada dua pasang yang memiliki jumlah yang sama dari tikungan per inci.

Banyak kabel Cat-6 juga termasuk spline nilon yang membantu menghilangkan crosstalk. Kabel Cat-6, spline tidak diperlukan selama tes kabel sesuai dengan standar. Pada gambar di atas, kabel Cat-5e adalah satu-satunya yang menggunakan spline.

Sementara spline nilon membantu mengurangi crosstalk di kawat, selubung tebal melindungi terhadap short end crosstalk (NEXT) dan crosstalk asing (AXT) yang keduanya lebih sering terjadi sebagai frekuensi (Mhz) yang meningkat. Dalam gambar ini kabel Cat-5e memiliki selubung tipis, tetapi juga merupakan satu-satunya yang menggunakan spline nilon.



Shielded (STP) vs Unshielded (UTP)

Karena semua kabel Ethernet dibuat memutar, manufaktur menggunakan perisai untuk lebih melindungi kabel dari interferensi. Unshielded twisted pair dapat dengan mudah digunakan untuk kabel antara komputer dan dinding, tetapi Anda akan membutuhkan kabel terlindung untuk daerah dengan gangguan tinggi dan kabel yang sipasang di luar ruangan atau di dalam dinding.


Ada berbagai cara untuk melindungi kabel Ethernet, tetapi biasanya melibatkan menempatkan perisai di sekitar masing-masing pasangan kawat dalam kabel. Hal Ini melindungi pasangan dari crosstalk internal. Membuat pelindung lebih tidak hanya dapat melindungi kabel dari crosstalk asing tetapi juga skrining kabel UTP atau STP, Secara teknis gambar di atas menunjukkan kabel filter STP (S / STP).



Kabel padat vs kabel terurai

Kabel Ethernet padat(solid) dan terurai mengacu pada konduktor tembaga yang sebenarnya di pasang. Kabel yang solid menggunakan satu bagian dari tembaga untuk konduktor listrik sementara yang terurai menggunakan serangkaian kabel tembaga memutar bersama-sama. Ada banyak aplikasi yang berbeda untuk setiap jenis konduktor, tetapi ada dua aplikasi utama untuk setiap jenis, Anda harus tahu tentang itu.


Kabel terurai lebih fleksibel dan harus digunakan di meja atau di mana Anda dapat bergerak dengan kabel di sekitar anda.
Kabel yang solid tidak fleksibel tetapi juga lebih tahan lama yang membuatnya ideal untuk instalasi permanen serta dinding luar dan dalam.
Sekarang Anda tahu jenis kabel yang harus Anda gunakan.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
April 16, 2016 at 5:52 AM ×

artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di Cara setting / konfigurasi kabel utp category 5e arga yudha

atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/04/15/cara-setting-konfigurasi-kabel-utp-category-5e/

trimakasih dari arga yudha adhiprama

Reply
avatar
Unknown
admin
October 11, 2016 at 9:45 PM ×

artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "CARA SETTING / KONFIGURASI KABEL INTERNET / KABEL RJ45 CATEGORY 5E "

atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/cara-setting-konfigurasi-kabel-utp-category-5e/

trimakasih dari argayudhaadhiprama.com

Reply
avatar
Thanks for your comment