cara mengatasi dan memperbaiki keyboard rusak tidak berfungsi


Sudah tau apa itu keyboard? saya yakin semua sudah pernah menggunakan keyboard karena kemajuan teknologi yang sudah dapat dinikmati semua orang, ada banyak jenis keyboard yang ada pada tiap produk namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai keyboard komputer atau laptop.


Oke kita mulai..!!!

Suatu saat anda bekerja menggunakan laptop Anda, dan tiba-tiba, key huruf "A" berhenti merespon, atau seluruh bagian dari keyboard Anda berhenti merespons saat ditekan. . Meskipun hal ini dapat menjadi hal yang membingungkan, terutama ketika Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, ada beberapa hal yang dapat Anda coba sendiri untuk menangani masalah tersebut.


Coba periksa partikel kecil/kotoran

Anda perlu tau bahwa semua perangkat laptop merupakan perangkat yang sangat sensitif termasuk terhadap debu atau kotoran, coba anda pegang laptop anda dan balik laptop anda seperti anda membuang sampah dari tempatnya coba goyang-goyangkan agar kotoran yang menempel dapat jatuh, Kadang-kadang sisa bekas makanan yang jatuh atau cairan dari minuman anda yang menempel dapat mempengaruhi kinerja keyboard anda dan dapat menyebabkan konslet.

Jika Anda memiliki vakum cleaner (penyedot debu) untuk keyboard atau air kompresor, coba bersihkan sudut dan celah dari bagian keyboard Anda. Jika satu atau dua tombol terdapat noda cairan yang sulit dibersihkan, maka Anda dapat mencoba membersihkan dengan kain direndam dalam beberapa tetes air alkohol atau bahkan air sabun hangat. Pastikan Anda hanya menaruh cairan ke kain yang pertama dan tidak langsung ke keyboard. Sebuah kapas dapat berguna di sini, hanya berhati-hati dan tidak membongkar saklar kunci kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan. Jika banyak bagian dari keyboard yang rusak karena benda cair, seperti minuman soda tumpah atau kopi, maka jalan terbaik adalah ganti keyboard anda.



Restart PC Anda
Dengan cara reboot terkadang banyak masalah yang dapat diselesaikan seperti freeze, lag, atau masalah lain termasuk keyboard tidak berfungsi 

Jika Anda tidak dapat menggunakan trackpad atau mouse untuk reboot PC, cukup tahan tombol daya selama sekitar 10-15 detik untuk mengaktifkan PC off. Jika itu tidak mengatasi masalah anda, coba salah satu solusi di bawah ini.


Masalah pada driver
Periksa Device Manager pada laptop Anda. Jika item baris keyboard ada yang memiliki tanda seru kuning di sampingnya atau jika ikon keyboard tidak muncul sama sekali, maka Anda harus mencoba untuk mencari driver di internet, download dan instal driver terbaru untuk keyboard. Anda mungkin harus menghubungkan keyboard USB (lihat di bawah) untuk menavigasi bidang entri teks, tapi setelah Anda menemukan file yang benar maka kemungkinan masalah anda dapat teratasi.


Menggunakan USB
Jika semuanya gagal dan Anda perlu untuk mengambil data di komputer anda, anda dapat memasang keyboard USB di komputer desktop anda, setidaknya anda dapat mengambil data dahulu setelah itu baru anda lanjutkan memperbaikinya.



Bad Koneksi
Kadang-kadang keyboard kehilangan koneksi dengan motherboard laptop, dan Anda memiliki keyboard yang kadang bekerja baik dan sebentar-sebentar tidak. Jika Anda mampu dan bisa ada dapat melepas dan menyambung kembali dibagian bawah keyboard, namun harus dengan hati-hati, Jika tidak, periksa situs produsen laptop Anda untuk layanan manual dan diagram untuk membantu Anda membongkar laptop Anda dan menyambung kembali kabel pita.



Keyboard cacat
Jika Anda masih dalam masa garansi atau memiliki garansi diperpanjang, coba anda hubungi produsen komputer/laptop anda. Jika mereka menentukan bahwa Anda menggunakan keyboard yang rusak dan cacat pabrik, maka Anda harus mendapatkan ganti dengan yang baru tanpa harus susah payah memperbaiki. Sebelum Anda mengirim laptop Anda di atau menyerahkan ke sebuah layanan konsumen, usahakan untuk membuat cadangan hard drive atau menghapus sepenuhnya data anda. Dengan cara itu Anda masih akan memiliki data Anda, yang merupakan bagian paling penting dari laptop Anda.
Mempunyai laptop dengan tombol keyboard yang tidak berfungsi bukan berarti anda harus membuang laptop anda, tips diatas seharus dapat menjadi acuan anda untuk memeriksa dan memcoba mengatasi masalah anda, namun jika semua cara diatas gagal saya sarankan agar anda pergi ke outlet servis yang terpercaya dan saatnya anda serahkan kepada ahlinya.


Terimakasi telah berkunjung
Previous
Next Post »